Soal Pilihan Ganda Materi Perspektif Global PGSD
Soal Pilihan Ganda Materi Perspektif Global

1. Seorang pakar filsafat yang juga sejarah dan geografi yang mengemukakan bahwa sejarah dan geografi merupakan "ilmu dwitunggal". Tokoh tersebut adalah ....
a. Emmanuel Kant
b. Preston E.James
c. Henry J. Warman
d. Gerald Foley
Jawaban:
a. Emmanuel Kanto
2. Penerapan model pembelajaran perspektif global dengan cara memperhatikan hakikat mental yang melekat pada diri siswa diantaranya adalah ....
a. Dorongan ingin tahu yang harus disajikan dan dikembangkan
b. Memberi latihan dari yang sederhana ke arah yang kompleks
c. Mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai fenomena yang kolaboratif
d. Memberi tugas kepada siswa mulai dari kepatuhan hingga ketepatan waktu
a. Dorongan ingin tahu yang harus disajikan dan dikembangkan
b. Memberi latihan dari yang sederhana ke arah yang kompleks
c. Mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai fenomena yang kolaboratif
d. Memberi tugas kepada siswa mulai dari kepatuhan hingga ketepatan waktu
Jawaban:
a. Dorongan ingin tahu yang harus disajikan dan dikembangkan
a. Dorongan ingin tahu yang harus disajikan dan dikembangkan
3. Suatu proses pengajaran aspek konotatif dari konsep-konsep kegiatan merupakan ....
a. Strategi pembinaan konsep
b. Pembinaan konsep
c. Penerapan konsep
d. Evaluasi konsep
a. Strategi pembinaan konsep
b. Pembinaan konsep
c. Penerapan konsep
d. Evaluasi konsep
Jawaban:
b. Pembinaan konsep
b. Pembinaan konsep
4. Membuat daftar, mengelompokkan seperti membuat tabel oleh John Jarolimek dimasukkan dalam pembinaan konsep tertuang dalam strategi ....
a. Pertama
b. Kedua
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
Jawaban:
a. Pertama
a. Pertama
5. Evaluasi dengan suatu penerapan yang dilakukan untuk mengungkapkan mutu atau hasil, definisi tersebut dikemukakan oleh ....
a. John W. Terbaik
b. Loren Bagus
c. Alexander Graham Bell
d. Steiner
a. John W. Terbaik
b. Loren Bagus
c. Alexander Graham Bell
d. Steiner
Jawaban:
a. John W. Best
a. John W. Best
6. Membuat laporan presentasi peserta didik berkenaan dengan hasil pembelajaran yang harus diketahui oleh orang tua masing-masing, hal tersebut termasuk dalam ....
a. Hakikat evaluasi
b. Asas evaluasi
c. Evaluasi fungsi
d. tujuan evaluasi
a. Hakikat evaluasi
b. Asas evaluasi
c. Evaluasi fungsi
d. tujuan evaluasi
Jawaban:
d. tujuan evaluasi
d. tujuan evaluasi
7. Membuat kisi-kisi tes tertulis dalam rancangan prosedur dan alat evaluasi hasil pembelajaran perspektif global termasuk dalam ....
a. Tujuan evaluasi
b. Sasaran evaluasi
c. Prosedur evaluasi
d. alat evaluasi
a. Tujuan evaluasi
b. Sasaran evaluasi
c. Prosedur evaluasi
d. alat evaluasi
Jawaban:
c. Prosedur evaluasi
c. Prosedur evaluasi
8. Kelompok Roma yang mencanangkan masalah keterbatasan kemampuan planet bumi menjamin kehidupan, jika tidak dilakukan upaya-upaya terkait pertumbuhan penduduk dan menekan kebutuhan hidup hingga batas minimal. Tesisnya terkenal dengan judul ....
a. Perspektif Pendidikan Global
b. Lingkungan dan Pembangunan
c. Batas Pertumbuhan
d. Sudut Pandang Baru dalam Geografi
a. Perspektif Pendidikan Global
b. Lingkungan dan Pembangunan
c. Batas Pertumbuhan
d. Sudut Pandang Baru dalam Geografi
Jawaban:
c. Batas Pertumbuhan
9. Suatu kondidi yang menggambarkan norma dan nilai telah tersusun dalam struktur tata tertib, peraturan, hukum, dan undang-undang tertulis "hitam di atas putih" merupakan ciri negara yang ....
a. Sangat modern
b. modern
c. tradisional
a. Sangat modern
b. modern
c. tradisional
d. Terbelakang
Jawaban:
b. Modern
b. Modern
10. Dalam salah satu pembelajaran IPS yang perlu diperhatikan adalah konteks keruangan. Ada beberapa pengembangan terkait dengan keruangan yaitu ....
a. mempertahankan diri
b. Memperhatikan konteks lingkungan
c. Membiarkan lingkungan
d. Merekayasa lingkungan
a. mempertahankan diri
b. Memperhatikan konteks lingkungan
c. Membiarkan lingkungan
d. Merekayasa lingkungan
Jawaban:
b. Memperhatikan konteks lingkungan
11. Pembinaan konsep dalam menanamkan berbagai pengertian tentang perspektif global seperti fenomena isu dan masalah kolaboratif, oleh karena itu dalam proses pembelajaran hal ini termasuk dalam ....
a. Metode yang diterapkan
b. Strategi yang diterapkan
c. Media pengajaran yang diterapkan
d. Teknik evaluasi yang diterapkan
Jawaban:
12. Berikut adalah pengertian dari perspektif global yaitu ....
a. Suatu pemikiran yang berlandaskan kepada kepentingan bersama
b. Suatu cerminan perilaku manusia yang harus memperhatikan kehidupan global
c. Suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global
d. Suatu tindakan manusia yang dapat merugikan orang lain jika tidak sesuai dengan aturan
Jawaban:
14. Salah satu penyebab penghapusan budaya suatu tempat oleh budaya global adalah ....
a. Tingkat pendidikan rendah
b. Gaya hidup global
c. pengaruh teknologi
d. Budaya global lebih baik
Jawaban:
15. Adanya saling mengisi saling mengilhami sehingga ada kemajuan dan peningkatan antarbudaya bangsa merupakan bagian dari ....
a. Tujuan diberikannya materi perspektif global
b. Empat dimensi budaya dalam era globalisasi menurut Makagiansar
c. Model-model kerjasama dalam bidang budaya dengan negara lain
d. Strategi dari penanaman penanaman budaya bangsa yang harus dimiliki anak bangsa
:
16. Pendekatan pragmatis dalam penerapan area-area subtansial yang didalamnya terdapat kepentingan bersama, pendekatan ini merupakan ....
a. Peluang untuk suksesnya perwujudan APEC
b. Prinsip-prinsip APEC
c. Kesepakatan anggota APEC
d. deklarasi negara-negara APEC
Jawaban:
17. Hubungan antarmanusia dalam lingkungan yang terbentuk oleh manusia itu sendiri disebut sebagai ....
a. Relasi sosial
b. hubungan sosial
c. Lingkungan sosial
d. Perilaku sosial
Jawaban:
19. Teknologi adalah penerapan pengetahuan oleh manusia untuk mengerjakan suatu tugas yang dikehendakinya, pendapat ini dikemukakan oleh ....
a. Brown & Brown
b. Alvin Toffler
c. John Naisbitt
d. Marshall McCluhan
Jawaban:
20. Selama pertumbuhan penduduk, produksi pertanian, konsumsi sumber daya, dan industrialisasi tidak terkendalikan, dan pencemaran global akan mengancam planet bumi, merupakan ungkapan yang disampaikan oleh ....
a. H.S.D. Cole
b. D.H. Meadows
c. Emil Salim
d. Otto Sumarwoto
a. Metode yang diterapkan
b. Strategi yang diterapkan
c. Media pengajaran yang diterapkan
d. Teknik evaluasi yang diterapkan
Jawaban:
b. Strategi yang diterapkan
12. Berikut adalah pengertian dari perspektif global yaitu ....
a. Suatu pemikiran yang berlandaskan kepada kepentingan bersama
b. Suatu cerminan perilaku manusia yang harus memperhatikan kehidupan global
c. Suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global
d. Suatu tindakan manusia yang dapat merugikan orang lain jika tidak sesuai dengan aturan
Jawaban:
c. Suatu cara pandang terhadap suatu masalah dari sudut kepentingan global
13. Menurut Hamijono (Mimbar, 1990) salah satu dari beberapa ciri yang terkait dengan globalisasi adalah ....
a. Batasan wilayah suatu negara tidak jelas
b. Pengaruh negara maju sangat besar terhadap negara berkembang
c. Adanya saling ketergantungan antarnegara
d. Peran suatu negara sangat berarti terhadap negara lain
Jawaban:
a. Batasan wilayah suatu negara tidak jelas
b. Pengaruh negara maju sangat besar terhadap negara berkembang
c. Adanya saling ketergantungan antarnegara
d. Peran suatu negara sangat berarti terhadap negara lain
Jawaban:
c. Adanya saling ketergantungan antarnegara
14. Salah satu penyebab penghapusan budaya suatu tempat oleh budaya global adalah ....
a. Tingkat pendidikan rendah
b. Gaya hidup global
c. pengaruh teknologi
d. Budaya global lebih baik
Jawaban:
sebuah. Tingkat pendidikan rendah
15. Adanya saling mengisi saling mengilhami sehingga ada kemajuan dan peningkatan antarbudaya bangsa merupakan bagian dari ....
a. Tujuan diberikannya materi perspektif global
b. Empat dimensi budaya dalam era globalisasi menurut Makagiansar
c. Model-model kerjasama dalam bidang budaya dengan negara lain
d. Strategi dari penanaman penanaman budaya bangsa yang harus dimiliki anak bangsa
:
b. Empat dimensi budaya dalam era globalisasi menurut Makagiansar
16. Pendekatan pragmatis dalam penerapan area-area subtansial yang didalamnya terdapat kepentingan bersama, pendekatan ini merupakan ....
a. Peluang untuk suksesnya perwujudan APEC
b. Prinsip-prinsip APEC
c. Kesepakatan anggota APEC
d. deklarasi negara-negara APEC
Jawaban:
sebuah. Peluang untuk suksesnya perwujudan APEC
17. Hubungan antarmanusia dalam lingkungan yang terbentuk oleh manusia itu sendiri disebut sebagai ....
a. Relasi sosial
b. hubungan sosial
c. Lingkungan sosial
d. Perilaku sosial
Jawaban:
c. lingkungan sosial
18. Mengamati, manghayati, dan memprediksi perkembangan kebudayaan secara menyeluruh dimana aspek dan unsur kehidupan terintegrasi dalam kehidupan manusia termasuk dalam sudut pandang ....
a. Sosiologi
b. Psikologi
c. Antropologi
d. Geografi
Jawaban:
a. Sosiologi
b. Psikologi
c. Antropologi
d. Geografi
Jawaban:
c. Antropologi
19. Teknologi adalah penerapan pengetahuan oleh manusia untuk mengerjakan suatu tugas yang dikehendakinya, pendapat ini dikemukakan oleh ....
a. Brown & Brown
b. Alvin Toffler
c. John Naisbitt
d. Marshall McCluhan
Jawaban:
a. Brown & Brown
20. Selama pertumbuhan penduduk, produksi pertanian, konsumsi sumber daya, dan industrialisasi tidak terkendalikan, dan pencemaran global akan mengancam planet bumi, merupakan ungkapan yang disampaikan oleh ....
a. H.S.D. Cole
b. D.H. Meadows
c. Emil Salim
d. Otto Sumarwoto
Jawaban:
b. D.H. Meadows
21. Suatu pemahaman terhadap pengetahuan, fenomena, dan masalah serta peristiwa yang bersifat global untuk kepentingan umat manusia, jika kita berusaha mempertahankannya, kalimat ini mempunyai makna ....
a. Pandangan global
b. Wawasan global
c. Tujuan global
a. Pandangan global
b. Wawasan global
c. Tujuan global
d. Persepsi global
Jawaban:
b. Wawasan global
22. Suatu kemampuan memandang secara mendalam berkenaan dengan fenomena, proses, dan masalah keruangan permukaan bumi, baik untuk masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang merupakan definisi dari ....
a. Perspektif sejarah
b. Perspektif antropologi
c. Perspektif keruangan
d. Perspektif lingkungan
Jawaban:
23. Menurut W.J. Waworoentoe, urbanisasi sebagai suatu proses dan terjadi karena adanya 3 peristiwa saling berkaitan, yang termasuk dalam proses urbanisasi adalah ....
a. Perubahan cara hidup orang kota
b. Perubahan model rumah
c. Perubahan model pakaian
d. Perubahan cara bermasyarakat
Jawaban:
24. Pengaruh perkembangan glasnots dan perestroika menyebabkan negara adi kuasa Uni Soviet pecah menjadi negara-negara kecil. Tokoh yang terkait dengan kejadian itu adalah ....
a. J.W. Bush
b. John Neisbit
c. Gorbachev
d. Vladimir Putin
Jawaban:
25. Jiwa nasionalisme seseorang terkadang dipertanyakan, dan akan kelihatan ketika seseorang ....
a. Membeli produk bangsanya lebih murah dibandingkan produk negara lain
b. Merasa aman dan nyaman tinggal di negerinya sendiri
c. Memperjuangkan hak milik publik atau rakyat
d. Mewakili negaranya dalam kompetisi olahraga di tingkat internasional
Jawaban:
26. Dengan teknologi yang sangat tinggi orang sekarang tidak sulit dalam mencari informasi secara rinci sesuai dengan keinginannya, kekuatan ini oleh Emil Salim digolongkan ke dalam gelombang globalisasi ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
27. Melalui pendidikan kita memperluas persepsi anak, dan mendidik untuk mengadakan reorientasi sikap dan nilai sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas, hal ini merupakan bagian dari ....
a. Mengakomodasi
b. Mereorientasi
c. Mengantisipasi
d. Mengatasi situasi
Jawaban:
28. Penguasaan terhadap sarana komunikasi seperti penguasaan bahasa yang merupakan syarat mutlak termasuk dalam era globalisasi ....
a. Kompetitif
b. Kualitas
c. Komunikasi
d. Teknologi
Jawaban:
29. Era globalisasi merupakan era informasi dengan sarana-sarananya yang dikenal dengan superhighway, oleh karena itu pemanfaatan informasi superhighway marupakan suatu kebutuhan masyarakat modern, hal ini sesuai dengan pendapat ....
a. Emil Salim
b. HAR Tilaar
c. Susanto
d. Astrid S. Susanto
Jawaban:
30. Sejalan dengan perkembangan jaman, bahwa ada dua ciri utama era globalisasi, satu diantaranya adalah ....
36. Globalisasi banyak menimbulkan berbagai perubahan dalam kehidupan manusia termasuk didalamnya isu-isu global yang bersifat negatif yaitu ....
a. Berkembangnya model rambut dan model pakaian
b. Penggunaan wartel dan warnet oleh anak usia sekolah
c. Mudahnya memperoleh barang-barang berharga
d. Terjadinya obat terlarang Penjelasannya
:
37. melakukan karyawisata dalam rangka mengembangkan kemampuan observasi kenyataan, dan mengalami langsung kehidupan bagi siswa, hal tersebut merupakan proses kegiatan pembelajaran dengan menerapkan ....
a. Evaluasi
b. Strategi
c. media
d. Metode
Jawaban:
38. Secara alami, kondisi, dan fisik maupun kehidupan sosial manusia dipermukaan bumi beraneka ragam, sehingga secara rasal dapat dibedakan. Yang termasuk ras kuning adalah ....
a. bersifat Negro
39. Menurut Merry M. Marryfield terdapat isu-isu yang terkait dengan masalah global salah satunya adalah selfdetermination yang berarti ....
a. Hak rakyat menentukan pemerintahan sendiri
b. penduduk dan keluarga berencana
c. Hak asasi manusia
d. Emigrasi, imigrasi, dan pengungsian
Jawaban:
40. Keterbatasan lapangan pekerjaan di tanah air menyebabkan penduduk Indonesia mencari pekerjaan ke negara Malaysia, masuknya penduduk ke negara tersebut disebut ....
a. Emigrasi
b. Transmigrasi
c. Urbanisasi
d. Imigrasi
b. Ekonomi
c. Perumahan
d. Kendaraan
Jawaban:
44. Bagi masyarakat lapisan bawah yang lemah sangat sukar untuk mendapatkan perlakuan dan pelayanan HAM-nya secara wajar, hal ini tertuang dalam "Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat dunia" yang disunting oleh ....
a. Makagiansar
b. T. Mulya Lubis
c. Hamijoyo
d. HAR Tilaar
Jawaban:
45. Dalam kehidupan di era global bahwa kita harus berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Ungkapan ini dikemukakan oleh ....
a. Parker dan Jarolimek
b. Marry M. Marryfield
c. G. Foley
d. Bartelmus
Jawaban:
46. Dalam Pemberajaran IPS, penyajian materi perspektif global tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan tidak lagi mengalami kesulitan mengingat sumber materi dapat diperoleh dari ....
a. Sekolah
b. Lingkungan rumah
47. Dengan berhasilnya perkembangan teknologi, menunjukan bahwa hubungan antarkawasan atau negara seolah tidak ada batas lagi. Oleh seorang tokoh hal ini disebut sebagai ....
a. Perspektif global
b. Dusun global
c. Kepemilikan global
d. Batas global
Jawaban:
48. Secara ideal sumber daya Alam (SDA) dapat menjamin kesejahteraan masyarakat dan sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan budaya dalam bentuk penerapa IPTEK. Hal ini sesuai dengan pendapat dari ....
a. Henry J. warman
b. Emanuel Kant
c. Mac Cluhan
d. Muesing
Jawaban:
49. Proses globalisasi yang tidak mengenal batas dan ruang dan batas waktu, faktor utamanya disebabkan oleh ....
a. Gaya hidup dan aktivitas manusia
b. Perilaku manusia dengan segala akibatnya
c. Penduduk manusia dengan pertumbuhannya
d. Eksploitasi manusia terhadap sumber daya alam
Jawaban:
50. Masyarakat yang mengolah rotan menjadi barang jadi seperti kursi, meja bahkan menjadi barang perdagangan luar negeri. Kegiatan ini dapat dikatakan telah memasuki industri ....
a. Primer
b. Sekunder
c. Tertier
d. Kuliner
Jawaban:
Jawaban:
b. Wawasan global
22. Suatu kemampuan memandang secara mendalam berkenaan dengan fenomena, proses, dan masalah keruangan permukaan bumi, baik untuk masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang merupakan definisi dari ....
a. Perspektif sejarah
b. Perspektif antropologi
c. Perspektif keruangan
d. Perspektif lingkungan
Jawaban:
c. Perspektif keruangan
23. Menurut W.J. Waworoentoe, urbanisasi sebagai suatu proses dan terjadi karena adanya 3 peristiwa saling berkaitan, yang termasuk dalam proses urbanisasi adalah ....
a. Perubahan cara hidup orang kota
b. Perubahan model rumah
c. Perubahan model pakaian
d. Perubahan cara bermasyarakat
Jawaban:
a. Perubahan cara hidup orang kota
24. Pengaruh perkembangan glasnots dan perestroika menyebabkan negara adi kuasa Uni Soviet pecah menjadi negara-negara kecil. Tokoh yang terkait dengan kejadian itu adalah ....
a. J.W. Bush
b. John Neisbit
c. Gorbachev
d. Vladimir Putin
Jawaban:
c. Gorbachev
25. Jiwa nasionalisme seseorang terkadang dipertanyakan, dan akan kelihatan ketika seseorang ....
a. Membeli produk bangsanya lebih murah dibandingkan produk negara lain
b. Merasa aman dan nyaman tinggal di negerinya sendiri
c. Memperjuangkan hak milik publik atau rakyat
d. Mewakili negaranya dalam kompetisi olahraga di tingkat internasional
Jawaban:
d. Mewakili negaranya dalam kompetisi olahraga di tingkat internasional
26. Dengan teknologi yang sangat tinggi orang sekarang tidak sulit dalam mencari informasi secara rinci sesuai dengan keinginannya, kekuatan ini oleh Emil Salim digolongkan ke dalam gelombang globalisasi ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
Jawaban:
a. Pertama
27. Melalui pendidikan kita memperluas persepsi anak, dan mendidik untuk mengadakan reorientasi sikap dan nilai sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas, hal ini merupakan bagian dari ....
a. Mengakomodasi
b. Mereorientasi
c. Mengantisipasi
d. Mengatasi situasi
Jawaban:
b. Mereorientasi
28. Penguasaan terhadap sarana komunikasi seperti penguasaan bahasa yang merupakan syarat mutlak termasuk dalam era globalisasi ....
a. Kompetitif
b. Kualitas
c. Komunikasi
d. Teknologi
Jawaban:
c. Komunikasi
29. Era globalisasi merupakan era informasi dengan sarana-sarananya yang dikenal dengan superhighway, oleh karena itu pemanfaatan informasi superhighway marupakan suatu kebutuhan masyarakat modern, hal ini sesuai dengan pendapat ....
a. Emil Salim
b. HAR Tilaar
c. Susanto
d. Astrid S. Susanto
Jawaban:
b. HAR Tilaar
30. Sejalan dengan perkembangan jaman, bahwa ada dua ciri utama era globalisasi, satu diantaranya adalah ....
a. Tidak ada larangan bagi warga negara Indonesia untuk pindah menjadi warga negara asing
b. Kebebasan untuk bergerak di bidang sektor ekonomi
c. Semua warga negara bebas menentukan jalan hidupnya masing-masing
d. Adanya pasar bebas yang menuntut kemampuan, kreasi, dan produk yang berkualitas
Jawaban:
d. Adanya pasar bebas yang menuntut kemampuan, kreasi, dan produk yang berkualitas
b. Kebebasan untuk bergerak di bidang sektor ekonomi
c. Semua warga negara bebas menentukan jalan hidupnya masing-masing
d. Adanya pasar bebas yang menuntut kemampuan, kreasi, dan produk yang berkualitas
Jawaban:
d. Adanya pasar bebas yang menuntut kemampuan, kreasi, dan produk yang berkualitas
31. Mendorong mahasiswa untuk mempelajari lebih banyak tentang materi dan masalah yang berkaitan dengan masalah global termasuk dari ....
a. Tujuan diberikannya materi perspektif global
b. Manfaat diberikannya materi perspektif global
c. Sasaran dari materi perspektif global
d. Fungsi dan materi perspektif global
Jawaban:
a. Tujuan diberikannya materi perspektif global
32. Banyak pepatah dan motto yang nampaknya tidak lagi relevan dengan perkembangan dan kehidupan global, diantara pepatah tersebut adalah ....
a. Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian, barsakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian
b. Mangan ora mangan ngumpul, dalam keadaan susah kita tetap bersama
c. Air susu dibalas air tuba, kebaikan dibalas dengan kejahatan
d. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang jalan
Jawaban:
33. Salah satu ciri bahwa kualitas kemampuan penduduk sebagai sumber daya manusia (SDM) meningkat, hal tersebut ditunjukkan oleh ....
a. Peningkatan kebutuhan akan sandang dan pangan
b. Terjadinya kenaikan jumlah pelanggaran HAM
c. Meningkatnya impor beras dan tekstil ke Indonesia
d. Terjadinya peningkatan dalam penggunaan teknologi informasi
Jawaban:
34. Suatu keadaan yang mencerminkan betapa cepatnya arus berita serta informasi yang harus direspon dengan cepat, wacana ini menunjukkan bahwa dunia telah menjadi ....
a. Dusun global
b. Abad informasi
c. Kotak ajaib
d. Gelombang ketiga
Jawaban:
a. Tujuan diberikannya materi perspektif global
b. Manfaat diberikannya materi perspektif global
c. Sasaran dari materi perspektif global
d. Fungsi dan materi perspektif global
Jawaban:
a. Tujuan diberikannya materi perspektif global
32. Banyak pepatah dan motto yang nampaknya tidak lagi relevan dengan perkembangan dan kehidupan global, diantara pepatah tersebut adalah ....
a. Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian, barsakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian
b. Mangan ora mangan ngumpul, dalam keadaan susah kita tetap bersama
c. Air susu dibalas air tuba, kebaikan dibalas dengan kejahatan
d. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang jalan
Jawaban:
b. Mangan ora mangan ngumpul, dalam keadaan susah kita tetap bersama
33. Salah satu ciri bahwa kualitas kemampuan penduduk sebagai sumber daya manusia (SDM) meningkat, hal tersebut ditunjukkan oleh ....
a. Peningkatan kebutuhan akan sandang dan pangan
b. Terjadinya kenaikan jumlah pelanggaran HAM
c. Meningkatnya impor beras dan tekstil ke Indonesia
d. Terjadinya peningkatan dalam penggunaan teknologi informasi
Jawaban:
d. Terjadinya peningkatan dalam penggunaan teknologi informasi
34. Suatu keadaan yang mencerminkan betapa cepatnya arus berita serta informasi yang harus direspon dengan cepat, wacana ini menunjukkan bahwa dunia telah menjadi ....
a. Dusun global
b. Abad informasi
c. Kotak ajaib
d. Gelombang ketiga
Jawaban:
a. Dusun global
35. Faktor yang memicu terjadinya arus informasi dari suatu kawasan ke kawasan lain dipermukaan bumi ini adalah ....
a. Banyaknya jumlah warga negara yang menggunakan telepon genggam (HP)
b. Kemajuan IPTEK yang menghasilkan multimedia
c. Jaringan telepon yang dibangunnya melalui satelit
d. Banyak pusat-pusat
Jawaban Pusat (Mall):
a. Banyaknya jumlah warga negara yang menggunakan telepon genggam (HP)
b. Kemajuan IPTEK yang menghasilkan multimedia
c. Jaringan telepon yang dibangunnya melalui satelit
d. Banyak pusat-pusat
Jawaban Pusat (Mall):
b. Kemajuan IPTEK yang menghasilkan multimedia
36. Globalisasi banyak menimbulkan berbagai perubahan dalam kehidupan manusia termasuk didalamnya isu-isu global yang bersifat negatif yaitu ....
a. Berkembangnya model rambut dan model pakaian
b. Penggunaan wartel dan warnet oleh anak usia sekolah
c. Mudahnya memperoleh barang-barang berharga
d. Terjadinya obat terlarang Penjelasannya
:
d. Terjadinya obat terlarang
37. melakukan karyawisata dalam rangka mengembangkan kemampuan observasi kenyataan, dan mengalami langsung kehidupan bagi siswa, hal tersebut merupakan proses kegiatan pembelajaran dengan menerapkan ....
a. Evaluasi
b. Strategi
c. media
d. Metode
Jawaban:
d. Metode
38. Secara alami, kondisi, dan fisik maupun kehidupan sosial manusia dipermukaan bumi beraneka ragam, sehingga secara rasal dapat dibedakan. Yang termasuk ras kuning adalah ....
a. bersifat Negro
b. Kaukasoid
c. Mongoloid
d.
Jawaban India :
c. Mongoloid
d.
Jawaban India :
c. Mongoloid
39. Menurut Merry M. Marryfield terdapat isu-isu yang terkait dengan masalah global salah satunya adalah selfdetermination yang berarti ....
a. Hak rakyat menentukan pemerintahan sendiri
b. penduduk dan keluarga berencana
c. Hak asasi manusia
d. Emigrasi, imigrasi, dan pengungsian
Jawaban:
sebuah. hak rakyat untuk menentukan pemerintahan sendiri
40. Keterbatasan lapangan pekerjaan di tanah air menyebabkan penduduk Indonesia mencari pekerjaan ke negara Malaysia, masuknya penduduk ke negara tersebut disebut ....
a. Emigrasi
b. Transmigrasi
c. Urbanisasi
d. Imigrasi
Jawaban:
d. Imigrasi
41. Dalam perkembangan dunia, setiap negara diklasifikasikan pada masing-masing golongan tergantung pada tingkat kemampuan menguasai IPTEK dan memanfaatkan sumber daya alam bagi kemakmuran penduduknya. Adapun yang termasuk pada golongan negara sedang berkembang adalah ....
a. Republik Afrika Selatan
b. Ghana
c. Etiopia
d. Banglades
Jawaban:
42. Bergulirnya globalisasi yang telah merambah diberbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya jenis-jenis yang telah mengglobal yang dikelola oleh perusahaan tingkat dunia yaitu ....
a. Hanamasa
b. Pondok
PizzaC. Biskuit
d. RotiJawaban
:
43. Kehiduan yang sudah mengglobal ternyata telah menyisakan hingga 40 % dari penduduk dunia yang ada dalam kemiskinan yang serius, kemiskinan ini menyangkut kebutuhan ....
a. Republik Afrika Selatan
b. Ghana
c. Etiopia
d. Banglades
Jawaban:
sebuah. Republik Afrika Selatan
42. Bergulirnya globalisasi yang telah merambah diberbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya jenis-jenis yang telah mengglobal yang dikelola oleh perusahaan tingkat dunia yaitu ....
a. Hanamasa
b. Pondok
PizzaC. Biskuit
d. RotiJawaban
:
b. Pizza Hut
43. Kehiduan yang sudah mengglobal ternyata telah menyisakan hingga 40 % dari penduduk dunia yang ada dalam kemiskinan yang serius, kemiskinan ini menyangkut kebutuhan ....
b. Ekonomi
c. Perumahan
d. Kendaraan
Jawaban:
c. Perumahan
44. Bagi masyarakat lapisan bawah yang lemah sangat sukar untuk mendapatkan perlakuan dan pelayanan HAM-nya secara wajar, hal ini tertuang dalam "Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat dunia" yang disunting oleh ....
a. Makagiansar
b. T. Mulya Lubis
c. Hamijoyo
d. HAR Tilaar
Jawaban:
b. T. Mulya Lubis
45. Dalam kehidupan di era global bahwa kita harus berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Ungkapan ini dikemukakan oleh ....
a. Parker dan Jarolimek
b. Marry M. Marryfield
c. G. Foley
d. Bartelmus
Jawaban:
a. Parker dan Jarolimek
46. Dalam Pemberajaran IPS, penyajian materi perspektif global tidak akan kehabisan materi untuk dibahas dan tidak lagi mengalami kesulitan mengingat sumber materi dapat diperoleh dari ....
a. Sekolah
b. Lingkungan rumah
c. Tingkat lokal atau global
d. Bahan bacaan
Jawaban:
d. Bahan bacaan
Jawaban:
c. Tingkat lokal atau global
47. Dengan berhasilnya perkembangan teknologi, menunjukan bahwa hubungan antarkawasan atau negara seolah tidak ada batas lagi. Oleh seorang tokoh hal ini disebut sebagai ....
a. Perspektif global
b. Dusun global
c. Kepemilikan global
d. Batas global
Jawaban:
b. Dusun global
48. Secara ideal sumber daya Alam (SDA) dapat menjamin kesejahteraan masyarakat dan sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan budaya dalam bentuk penerapa IPTEK. Hal ini sesuai dengan pendapat dari ....
a. Henry J. warman
b. Emanuel Kant
c. Mac Cluhan
d. Muesing
Jawaban:
a. Henry J. warman
49. Proses globalisasi yang tidak mengenal batas dan ruang dan batas waktu, faktor utamanya disebabkan oleh ....
a. Gaya hidup dan aktivitas manusia
b. Perilaku manusia dengan segala akibatnya
c. Penduduk manusia dengan pertumbuhannya
d. Eksploitasi manusia terhadap sumber daya alam
Jawaban:
c. Penduduk manusia dengan pertumbuhannya
50. Masyarakat yang mengolah rotan menjadi barang jadi seperti kursi, meja bahkan menjadi barang perdagangan luar negeri. Kegiatan ini dapat dikatakan telah memasuki industri ....
a. Primer
b. Sekunder
c. Tertier
d. Kuliner
Jawaban:
c. Tertier
Komentar
Posting Komentar